Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Gelar Pelatihan RTRW

Mengacu pada UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya pasal 44 dan Peraturan Pemerintah No.45/2015 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), maka Perguruan Tinggi wajib memberikan sertifikat kompetensi bagi setiap lulusannya. Menyikapi hal tersebut, Pascasarjana Unmas Denpasar khususnya Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Lingkungan (MP2WL) menggelar pelatihan RTRW bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencana (IAP) komisariat Propinsi Bali. Pelatihan Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), berlangsung selama dua hari: Jumat, 13/3/2020 – hari Sabtu 14/3/2020 dilaksanakan di Ruang Pertemuan Unmas Denpasar. Dalam sambutannya Rektor Unmas Dr.Drs. I Made Sukamerta, MPd yang didampingi oleh Direktur Pascasarjana, Sekretaris dan Kaprodi MP2WL. Dalam sambutannya Rektor Unmas menyampaikan bahwa, kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa MP2WL dan para perencana karena sekarang ini lulusan tidak cukup dengan memegang ijazah baik S1 maupun S2, karena sekarang pemerintah mengharapkan disamping ijazah harus ada surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) yang menyatakan tentang kemampuan mahasiswa.


Kegiatan ini menyajikan materi pelatihan meliputi, Proses dan Prosedur Penyususunan RTRW, RUU Cipta Kerja dan Dampaknya terhadap Penataan Ruang, Serta pemaparan materi terkait Geographic Information System (GIS), Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Pemberdayaan Masyarakat tentang penataan ruang yang disampaikan langsung oleh ahli di bidangnya.


Adapun pemateri dalam pelatihan ini ialah, Ir Ngakan Putu Kirim M.Si Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Provinsi Bali, Ir Made Arca eriawan MM IAP Kelompok Ahli Gubernur, Dr Ir Ketut Sumantra MP Direktur Pascasarjana UNMAS, Prof Dr Ir I Putu Rumawan Salain M.Si Pemerhati Tata Ruang/ Guru Besar UNUD, Ir I Ketut Janapria MT Tim Ahli DPRD Kab. Klungkung, I Made Agus Aryawan ST MT Kadis PTSP Kab. Badung, Drs R Suyarto M Si PPGS UNUD, Ir Gusti Putu Anindya Putra MSP Kepala Pusat Studi Pembangunan Perkotaan dan Wilayah UNHI, dan Prof Dr Ir I Ketut Arnawan MP Kaprodi MP2WL UNMAS.
Kegiatan ini diikuti oleh delapan puluh peseta yang terdiri dari mahasiswa MP2WL Universitas Mahasarawati, PWK UNHI, Ikatan Ahli Perencana (IAP) dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI).