Minggu, 19 Januari 2020
Dilaksanakan Upacara Pembukaan Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) VII UKM KIM Universitas Mahasaraswati Denpasar. Acara ini Dibuka oleh Bapak Wakil Rektor I (Dr. I Wayan Gde Wiryawan, SH., MH), beliau juga memberikan sambutan dan menyampaikan jika UKM memiliki 2 fungsi utama yang harus di realisasikan. Dimana UKM merupakan sebuah wadah dimana mahasiswa dapat mengasah dan melatih soft skill mereka melalui pengalaman berorganisasi serta dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja Perguruan Tinggi. UKM KIM dapat menjalankan kedua fungsi tersebut secara simultan dengan melatih kemampuan menulis mahasiswa, sehingga UKM KIM diharapkan dapat membuat sebuah Jurnal dari tulisan-tulisan yang dibuat oleh mahasiswa guna melatih kemampuan mahasiswa dalam menulis, dan diharapkan untuk mengelola langsung jurnal tersebut. Ketika mengadakan seminar atau semacamnya, diharapkan juga untuk menciptakan Prosiding dari kegiatan seminar tersebut mengingat kegiatan dari UKM KIM yang selalu berkaitan dengan sebuah Karya Ilmiah yang berupa tulisan, makalah, penelitian. Jika kedua fungsi ini mampu untuk direalisasikan, UKM KIM dapat menjadi contoh untuk organisasi-organisasi yang terdapat di lingkungan Universitas seperti BEM maupun UKM.

Acara PILAR VII UKM KIM Unmas Denpasar berlangsung dari tanggal 19 Januari 2020 terhitung dari upacara pembukaan sampai dengan tanggal 22 Januari 2020 dengan tema “Optimalisasi Peran Generasi Milenial dalam Upaya Preventif di bidang Wirausaha dan Teknologi Pada Era Industri 4.0” adapun sub tema dari acara ini yakni:
1. 1, Generasi Milenial Cerdas dalam Pembangunan Ekonomi Bangsa
2. Generasi Milenial Cerdas dalam Pengelolaan Lingkungan
3. Generasi Milenial Cerdas Sosio-Cultural
4. Generasi Milenial Cerdas dalam Pariwisata
5. Generasi Milenial Cerdas dalam Teknologi
6. Generasi Milenial Cerdas dalam Pendidikan Abad ke-21.

Rangkaian acara yang diadakan dalam PILAR VII 2020 ini yakni, dihari pertama diadakan Upacara pembukaan yang diisi juga dengan Lomba Cerdas Cermat antar BEM dan UKM dilingkungan Unmas Denpasar. Di hari kedua, dilaksanakan acara Debat antar BEM dan UKM dilingkungan Unmas Denpasar. Kemudian, di hari ketiga, diadakan acara Workshop dimana diundang 2 Pemateri yakni Ni Luh Putu Diah Desvi Arina ( Miss Internet Indonesia 2019) dan Putu Dian Ujiana (Komikus/Kreator Komik Beluluk dan Owner dari This is Bali Clothing). Serta di hari terakhir, dilaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh SMA/SMK Se-Bali yang sudah berlangsung dari tanggal 2 Desember 2019 s/d 2 januari 2020 yang merupakan tahap pengumpulan Karya Tulis, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan 10 besar pada tanggal 6 Januari 2020, dimana babak penentuan juara ditentukan dari Hasil presentasi karya yang akan dilaksanakan tanggal 22 Januari 2020. Setelah pengumuman Juaru lomba LKTI, akan dilaksanakan Upacara Penutupan acara PILAR VII UKM KIM 2020.