psp bahasa inggris unmas

PSP Bahasa Inggris selalu berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Oleh karena itu, PSP Bahasa Inggris selalu melaksanakan kompetisi-kompetisi yang mampu mengembangkan hard skill maupun soft skill mahasiswa secara rutin. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PSP Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar melaksanakan lomba intern. Lomba tersebut dikemas dalam kegiatan yang dinamai “Mahasaraswati English Speech Competition”. Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas pada semester II, IV dan VI.

Kegiatan ini disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi dari mahasiswa. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut. Sebanyak 33 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas sebelum mengikuti perlombaan diwajibkan untuk mengikuti technical meeting yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Mei 2016. Pelaksanaantechnical meeting langsung dipimpin oleh tim juri yaitu: I Ketut Wardana, S.Pd., M.Hum.; A.A. Putri Maharani, S.Pd., M.Pd.; dan Dewa Ayu Wiryadi Joni, S.Pd., M.Pd. Pada saat Technical Meeting, tim juri menjelaskan tentang bagaimana menampilkan pidato yang baik, hal-hal yang bersifat teknis, tata tertib lomba serta kriteria-kriteria penilaian. Mahasaraswati English Speech Competition dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 di Ruang Widyasaba Unmas Denpasar.

Mahasaraswati English Speech Competition mengambil tema “Empowering Communicative English Teachers toward ASEAN Community”. Sehubungan dengan tema tersebut, pidato yang ditampilkan harus mengacu pada tema. Pada saat lomba, isu-isu yang diangkat oleh masing-masing peserta sangat variatif. Hal ini membuat mahasiswa tidak hanya sekedar melatih kemampuan berbicara mereka dalam bentuk pidato tetapi mereka juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis dalam menyikapi isu-isu yang berkembang. Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bapak Dekan yang diwakili oleh Bapak Wakil Dekan I.

Penampilan yang menawan dari para peserta membuat tim juri bingung dalam menentukan pemenang dalam lomba. Setelah melalui proses penjurian yang sangat independen dan objektif, tim juri akhirnya memutuskan pemenang dalam Mahasaraswati English Speech Competition ini adalah sebagai berikut:

  1. Juara I : Ni Made Rai Puspaningsih
  2. Juara II : Ni Wayan Nilam Puspawati
  3. Juara III : Ni Putu Intan Wahyuni
  4. Juara Harapan I : Sonia Putri Purbawati
  5. Juara Harapan II : Ni Putu Vika Deanda
  6. Juara Harapan III : Ni Putu Priska Purnama Dewi

Mahasaraswati English Speech Competition akhirnya ditutup oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, I Komang Budiarta. Dalam acara penutupan juga diserahkan sertifikat dan hadiah untuk para pemenang.