Workshop Penyusunan Panduan Implementasi MBKM Unmas Denpsar tahun 2022

  • Admin
  • Berita
  • 127

05 November 2022

Workshop Penyusunan Panduan Implementasi MBKM Unmas Denpsar tahun 2022


Pada hari Sabtu, 5 November 2022 Unmas Denpasar melaksanakan Workshop Penyusunan Panduan Implementasi MBKM di Bali Paragon Hotel Resort Jimbaran. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Dr. I Wayan Gde Wiryawan, SH., MH). Pada kesempatan ini WR I menyampaikan pentingnya kegiatan ini bahwa Unmas Denpasar sedang melakukan transformasi Pendidikan salah satunya, MBKM Flagship menuju Kampus Merdeka Mandiri dimana Panduan dan petunjuk teknis Sembilan BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) MBKM harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip dan mekanisme yang jelas dan bisa diimplementasikan di tingkat fakultas maupun program studi. 


Workshop yang dihadiri 80 orang peserta ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Universitas Atmajaya Yogyakarta (Pupung Arifin, M.Si) dan Koordinator MBKM Universitas Tadulako (Drs. Anang Wahid M. Diah, M.Si., Ph.D). Bapak Pupung Arifin, M.Si memaparkan tentang prinsip-prinsip penyusunan panduan implementasi MBKM, dimana panduan dibuat disesuaikan dengan tata Kelola MBKm di tingkat Universitas dan fakultas/Prodi serta unsur yang paling penting adalah kemitraan, dimana harus secara bersama-sama merumuskan bentuk dan ketentuan kegiatan yang akan dilakukan, tanggung jawab hingga pada durasi waktu pelaksanaan kegiatan. Bapak Drs. Anang Wahid M. Diah, M.Si., Ph.D memaparkan bahwa Univesitas perlu membuat panduan yang bersifat umum yang dapat memberikan gambaran terkait dengan apa dan seperti apa BKP MBKM tersebut, serta menurunkan menjadi petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan MBKM yang lebih rinci dan bersifat implementatif. 


Saat ini Unmas Denpasar sedang melakukan pemuktahiran panduan Implementasi MBKM dan penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan Sembilan BKP MBKM yang harapannya dapat diturunkan dan dilaksanakan ditingkat fakultas maupun program studi. Unmas Denpasar secara mandiri telah melaksanakan program kampur merdeka, seperti Asistensi Mengajar, Magang dan Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri, Berwirausaha dengan pengakuan masing-masing mencapai 20 sks. 



Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar
#kampusmerdeka.ri

#unmasjaya

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga