Wisuda Unmas Denpasar ke-64

  • Admin
  • Berita
  • 1561

24 Oktober 2022

REKTOR BERPESAN AGAR LULUSAN BISA MANDIRI, CERDAS, INOVATIF, DAN MAMPU BERKOLABORASI PADA UPACARA WISUDA UNMAS DENPASAR KE 64

 

Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas Denpasar) melaksanakan upacara wisuda ke-64 pada Coma Pon Sinta Senin, 24 Oktober 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Wisuda ke-64 Unmas Denpasar ini diikuti oleh 760 wisudawan. Dari jumlah total wisudawan tersebut, 91% menyelesaikan studi tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa Unmas Denpasar berkomitmen untuk senantiasa mendampingi mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Oleh karena itu, institusi selalu berkomitmen untuk menghasilkan  lulusan yang bermutu sesuai dengan Visi Unmas Denpasar

Dalam kesempatan ini, Rektor Unmas Denpasar, Dr. I Made Sukamerta, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua dan keluarga wisudawan atas nama lembaga. “Selamat Berbahagia atas keberhasilan putra, putri, suami, istri yang diwisuda hari ini. Kami juga menyampaikan terima kasih karena Bapak/Ibu sudah mempercayakan proses pendidikan di Unmas Denpasar. Kami berharap kebahagiaan hari ini akan menjadi awal untuk menata masa depan yang lebih baik demi keluarga tercinta serta semoga gelar yang telah diraih hari ini dapat dijadikan motivasi untuk berkontribusi pada peningkatan kinerja serta jenjang karir di masa depan,” ungkapnya. Selain itu, Rektor juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh wisudawan dan orang tua serta pendamping jika dalam proses pelaksanaan wisuda terdapat ketidaknyamanan karena kita masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga kita semua harus mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan dengan aturan yang berlaku dan semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir.

Rektor Unmas Denpasar berpesan kepada segenap wisudawan/wisudawati agar dapat memanfaatkan dan menciptakan kesempatan serta mampu hidup mandiri, selalu bekerja jujur, cerdas, optimis, kreatif, inovatif, disiplin dan mau berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalani hidup yang penuh dengan tantangan dan peluang. “Ciptakanlah pekerjaan untuk diri sendiri maupun orang lain yang memerlukan karya-karya saudara. Tataplah masa depan dengan percaya diri. Lebih dari itu kami berharap agar saudara-saudara wisudawan adalah alumni yang senantiasa menjaga nama baik almamater” tambahnya.

Pada tahun 2022, Unmas Denpasar memperoleh Dana Penelitian sebesar 1,9 Milyar untuk 13 judul dengan rincian 7 judul Penelitian Kompetitif Nasional;  3 Matching Fund; dan 2 judul penelitian pendanaan Organisasi Perangkat Daerah. Pada tahun 2022, Unmas Denpasar juga mendapatkan Hibah Institutional Supporting System atau ISS-MBKM dari Kemdikbudristek untuk melakukan akselarasi program MBKM sebesar 736 Juta.

Di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, pada tahun 2022, Unmas Denpasar berhasil memperoleh Total Dana sebesar 450 juta untuk 7 judul Pendanaan Kompetitif Nasional yang terdiri dari 5 judul Program Kemitraan Masyarakat (PkM), 1 judul PPDM, dan 1 judul Pengabdian kepada Masyarakat Dana TERRA.

Terkait pelaksanaan program MBKM oleh Kemdikbudristek, Unmas Denpasar sudah mengikuti berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran diantaranya: Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat, KKN Tematik, Riset Keilmuan dan KMMI. Di samping itu, 10 orang mahasiswa Unmas Denpasar mengikuti perkuliahan di BSRU Thailand selama 1 semester melalui program International Credit Transfer dari Kemdikbudristek. Selain program MBKM dari Kementerian, Unmas Denpasar juga melaksanakan program MBKM secara mandiri melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri dan para stakeholders. Akselerasi Program MBKM juga dibuktikan dengan memenangkan hibah seperti Hibah Center of Excellence dan Pembelajaran Daring Kolaboratif.

Khusus untuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022, ada 91 mahasiswa dari 60 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ingin merasakan kuliah di Unmas Denpasar. Secara nasional, Unmas Denpasar menempati Peringkat ke-1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan pendaftar terbanyak, yaitu 991 mahasiswa. Jika digabung dengan Perguruan Tinggi Negeri, Unmas Denpasar berada pada Peringkat ke-3 setelah Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Udayana. Jadi, bisa dikatakan bahwa mahasiswa yang diterima di Unmas Denpasar, merupakan mahasiswa pilihan dengan seleksi yang sangat ketat. Mereka adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga