“TARI MASEDANA” - National Folklore Festival ke 16th Universitas Indonesia tahun 2022

  • Admin
  • Berita
  • 691

21 Juli 2022

National Folklore Festival ke 16th Universitas Indonesia tahun 2022


“TARI MASEDANA”


Dalam lomba ini kami UKM STANA mendapatkan Juara Harapan yang dimana dalam lomba tahun lalu kami mendapatkan Penghargaan Khusus, dan tahun ini dapat kami tingkatkan.


Terinspirasi dari penguatan energi ketika unsur-unsur mulia alam dijadikan dasar untuk menciptakan kehidupan baru yang masih terjaga dengan luhur sampai saat ini. Pewarisan unsur-unsur mulia hingga saat ini masih diwariskan di segala kegiatan ritual yang terdapat di Bali dan dijadikan dasar filosofi kehidupan. Unsur-unsur mulia tersebut ialah Panca Datu yaitu Emas sebagai filosofi Brahman, Perunggu sebagai Atman, Besi sebagai Karma Phala, Baja sebagai Reinkarnasi, dan Mirah sebagai Moksa. Hal tersebut merupakan lima keyakinan yang harus ditaati ketika ingin mempertahankan agama, tradisi, adat dan budaya Bali. Uang Kepeng (Pis Bolong) merupakan uang yang terdiri dari unsur Panca Datu dimana uang kepeng dipergunakan sebagai salah satu unsur utama yang harus ada di setiap kegiatan upacara ritual di Bali yang diwariskan dari dulu hingga saat ini sebagai dasar upacara. Kekuatannya di filosofikan sebagai Panca Serada yaitu lima keyakinan sehingga kukuh dan ajegnya tata tradisi kehidupan di Bali. Uang adalah Dana (Harta) ketika dimaanfatkan dengan Dharma (Kebaikan) akan memiliki tujuan yang mulia sehingga memunculkan kesejahteraan dan kemakmuran. Kuatnya filosofi Panca Datu yang terdapat pada Uang Kepeng dianggap esensial dari unsur Sekala (Nyata) dan Niskala (Maya) sehingga terwujudlah garapan ini dengn judul “Masedana” yang artinya penguatan dasar sebagai implementasi punia (Nafkah atau Sedekah) kepada Tuhan, Manusia, dan Alam sehingga memunculkan kesejahteraan, kemakmuran, dan keharmonisan ketika dipertahankan akan menimbulkan keajegan kepada generasi berikutnya sehingga memancarkan cahaya kecerdasaan emosional, kewibawaan, dan karakter yang disebut dengan Taksu.


Semoga ditahun selanjutnya kami UKM STANA Universitas Mahasaraswati Denpasar bisa selalu mengikuti ajang-ajang perlombaan tingkat Nasional maupun Internasional

Foto & REDAKSI : UKM STANA


Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga