Sosialisasi Learning Management System (LMS) Unmas Denpasar

  • Admin
  • Berita
  • 802

09 September 2022

Sosialisasi Learning Management System (LMS) yang merupakan bagian dari Pengembangan Website Implementasi MBKM kepada Pejabat Struktural dan seluruh dosen dilingkungan Universitas Mahasaraswati Denpasar.


Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring. Secara luring yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 dihadiri oleh Wakil Rektor I, Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) , Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), UPT dan Kantor di Lingkungan Unmas Denpasar, Para Dekan, Para Wakil Dekan I dan Ketua Program Studi di lingkungan Unmas Denpasar. Peluncuran LMS ini mendapat apresiasi dari seluruh peserta yang hadir dimana Unmas Denpasar telah bertransformasi menuju kampus digital dan berorientasi pada tantangan global. Selain itu juga melalui LMS ini akan memudahkan pimpinan untuk melakukan monitoring sesuai dengan standar proses pembelajaran dan penilaian pada permendikbud nomor 3 tahun 2020 serta memperkuat implementasi MBKM untuk mahasiswa di lingkungan Unmas Denpasar.


Secara daring kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 6 September 2022 yang dihadiri oleh kurang lebih 300 dosen di lingkungan Unmas Denpasar. Sebagian besar dosen menyambut baik adanya LMS ini, karena akan memudahkan dosen untuk mendokumentasi segala aktivitas pembelajaran, dan melakukan komunikasi dengan mahasiswa saat proses pembelajaran berlangsung baik melalui mode sinkronus maupun asinkronus. Selain itu, LMS ini sudah diintegrasikan dengan Portal Akademik Unmas Denpasar, sehingga penggunaan LMS akan melengkapi pemanfaatan portal akademik yang selama ini dilakukan.


Rektor Unmas Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamarta, M.Pd.) menyampaikan agar seluruh dosen Unmas Denpasar dapat segera melakukan tranformasi mengikuti perkembangan zaman, dengan memanfaatkan media digital yaitu LMS, sehingga dapat memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan pemantauan oleh pimpinan terkait dengan kinerja dosen di masing-masing program studi. WR I bidang akademik dan kemahasiswaan (Dr. I Wayan Gde Wiryawan, SH., MH) menambahkan bahwa LMS ini merupakan bagian dari pengembangan Website Implementasi MBKM yang akan terus berproses untuk dapat mengakomodir segala aktivitas dosen dan mahasiswa, khususnya dalam implementasi MBKM. Koordinator pengembangan Website MBKM, yaitu Kepala UPT Pengelolaan Data dan Informasi (I Putu Gede Budayasa, SST. Par., M.TI.) menegaskan bahwa masukan dari seluruh dosen akan dijadikan pertimbangan untuk pengembangan LMS secara berkelanjutan agar adaftif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Kegiatan ini diakhiri dengan pengisian kuisioner. Hasil dari Kuisioner menunjukkan adanya respon positif dari Peserdimana sebanyak 45,1% menyatakan tampilan LMS baik dan 50,5% menyatakan sangat baik. Untuk fitur yang disediakan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan, dosen Unmas Denpasar menyatakan 48,1% sudah sesuai dan 42,7% sangat sesuai.

Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluargas