SEMINAR INSPIRASI PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

  • Admin
  • Berita
  • 1065

01 Oktober 2022

SEMINAR INSPIRASI PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA KEMDIKBUDRISTEK DI GEDUNG MAJELIS DESA ADAT BALI DAN DHARMA ALAYA KOTA DENPASAR (1/10/2022)


Tepat dihari perayaan Kesaktian Pancasila, mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Mahasaraswati Denpasar menyelenggarakan Seminar Inspirasi dengan tema “Eksistensi Seni, Adat, dan Tradisi dalam Penguatan Nilai-Nilai Kebhinekaan dan Toleransi Provinsi Bali”. Kegiatan yang dihadiri oleh 91 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi berbeda dari seluruh Indonesia. Seminar Inspirasi ini dibuka oleh Wakil Rektor I Unmas Denpasar (Dr. I Wayan Gde Wiryawan, SH., MH). Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus tetap bersemangat menjalani setiap tahapan dari Modul Nusantara ini, salah satunya Modul Inspirasi yang dikemas dalam bentuk Seminar, dimana hari ini akan belajar lebih dalam mengenai Seni, Tradisi dan Adat Bali setelah berkunjun ke berbagai tempat di Bali. Harapannya mahasiswa dapat belajar banyak, dan sesuai dengan tagline PMM, mahasiswa dapat mengambil makna dari setiap kegiatan sehingga nantinya ketika menjadi pemimpin di daerah masing-masing akan menjadi pemimpin yang bijak dan memahami arti kebhinekaan dan toleransi.


Kegiatan yang berlangsung di Ruangan Lilagraha Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Bali ini menghadirkan dua Narasumber yang luar biasa pada sesi pertama. Narasumber I adalah Penyarikan Agung MDA Bali (Ketut Sumarta) yang membawakan materi tentang “Bali, Desa Adat dan MDA Bali” dan Narasumber II adalah Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali (IGAK Kartika Jaya Saputra) yang membawakan materi tentang “Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam Penguatan Desa Adat di Bali”. Moderator kegiatan ini adalah salah satu dosen modul nusantara Dr. Drs. I Made Wena, M.Si.


Kegiatan Seminar Inspirasi ini semakin menarik setelah kedatangan Narasumber III, I Wayan Balawan sebagai salah satu Seniman kenamaan yang dimiliki Bali. Bli Balawan mencerikan bagaimana kisahnya sehingga bisa menjadi seorang seniman professional yang sudah melanglang buana ke berbagai belahan dunia. Berkat ketekunan, konsistensi, kerja keras dan kejelian mencari pembeda atau keunikan sendiri Bli Balawan yang sempat mengenyam Pendidikan di Australia ini berhasil didapuk sebagai satu-satunya di Indonesia dengan keahlian “Touch Skill” dalam bermain gitar. Terlebih saat Bli Balawan memainkan gitar double neck nya membuat semua mahasiswa terpukau dan terkesima. Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Bli Balawan. Pengalaman ini tentu menjadi pengalaman bermakna dan kenangan terindah bagi semua mahasiswa. 


Kegiatan terakhir ditutup dengan menyaksikan film karya UKM Multimedia Unmas Denpasar berjudul “Kasta” di Dharma Alaya Kota Denpasar. Film anak muda yang sarat akan makna, terutama tentang anak muda yang wajib menjauhi Narkoba dan anak muda dengan gejolak hati karena beda “kasta” harus berjuang dengan hubungannya. Kasta di Bali memang menjadi hal yang sering didiskusikan, dimana saat ini pemahaman mengenai kasta sudah mengarah pada catur warna, yang membedakan masyarakat atas pekerjaan yang ditekuni bukan berdasarkan strata atau tingkatan sosial. Semua rangkaian kegiatan ini menjadi perjalanan inspiratif dan bermakna bagi mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka.

#pertukaranmahasiswamerdeka

#kampusmerdeka.ri

#mbkm

#kemdikbudristek

#MDABali

Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga