Selamat Datang Mahasiswa Inbound PMM 2022

  • Admin
  • Berita
  • 1421

08 September 2022

Selamat Datang Mahasiswa Inbound PMM Tahun 2022!!

Senin, 5 September berlangsung kegiatan Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Inbond dan Outbond Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemdikbudristek tahun 2022. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu bentuk kegiatan MBKM kebijakan Mas Menteri yang memiliki tujuan agar mahasiswa bisa saling bertukar sementara, tidak hanya atmosfir kelas yang berbeda, tetapi juga memperkaya, memperkuat dan mempertebal keberagaman dan kebhinekaan yang dimiliki.


Secara keseluruhan terdapat 35.107 mahasiswa yang mendaftar program PMM, yang diterima hanya 12.722 atau  36% yang diterima. Secara nasional, Unmas Denpasar merupakan kampus swasta dengan pendaftar terbanyak, yaitu 991 mahasiswa. Jika digabung dengan kampus negeri, Unmas Denpasar masuk peringkat 3 pendaftar terbanyak, dibawah Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Udayana. Jadi, bisa dikatakan bahwa mahasiswa yang diterima di Unmas Denpasar, merupakan mahasiswa pilihan dengan seleksi yang sangat ketat.


Saat ini, Unmas Denpasar menerima 91 mahasiswa dari 60 Universitas asal yang berbeda, ditambah lagi pertukaran mahasiswa merdeka jalur kerjasama sebanyak 8 orang dari Universitas Slamet Riyadi, sehingga total menerima 99 mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka tahun 2022. Dari 60 Unviersitas tersebut, ada yang berasal dari Papua/Irian Jaya, paling Timur Indonesia, yaitu Universitas Cenderawasih, Universitas Musamus Merauke. Ada yang berasal dari Aceh, paling Barat Indonesia, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Malikussaleh. Dan ditengah-tengah, salah satunya adalah Universitas Indonesia. 


Untuk mahasiswa Outbond, atau mahasiswa Unmas yang kuliah ke luar Unmas ada sebanyak 14 mahasiswa yang telah berangkat menuju kampus tujuan masing-masing dan saat ini mengikuti kegiatan ini secara daring. Beberapa Universitas tujuan tersebut adalah Universitas Airlangga, ITS Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas lainnya.


Rektor Unmas Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd.) manyampaikan ucapan selamat datang di Bali dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Secara ekonomi Bali sangat bertumpu dengan pariwisata budaya, dengan kehadiran mahasiswa dari luar Unmas Denpasar, bisa membantu mengabarkan tentang kondisi Bali dan mengajak rekan-rekan atau sanak keluarganya berkunjung ke Bali. WR I (Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H., M.H.) menyampaikan bahwa Bali memiliki konsep tentang bagaimana masyrakat Bali sangat menjaga hubungan yang harmonis dengan Tuhan, antar manusia, dan dengan lingkungan yang dikenal dengan sebutan Tri Hita Karana. Konsep dasar inilah yang menjadikan Bali memiliki daya tarik tersendiri dan semoga mahasiswa dapat belajar sebanyak-banyaknya dan dapat mengambil makna dari perkuliahan selama 1 semester ini di Unmas Denpasar.

Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga