MENGENAL RAGAM BUDAYA SENI TARI BALI DAN PRATEK LANGSUNG MAHASISWA INBOUND PMM 2 BERSAMA UKM STANA UNMAS DENPASAR

  • Admin
  • Berita
  • 113

16 September 2022

Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) dikenalkan dengan Budaya Seni Tari Bali di Gedung Auditorium Saraswati Unmas Denpasar. Kegiatan yang merupakan bagian dari modul kebhinekaan ini bertujuan agar mahasiswa dari seluruh Indonesia mengenal langsung Seni Tari Bali dan mendengar langsung paparan dari dosen modul Nusantara. Selain itu juga, mahasiswa diajak untuk mempraktekkan langsung dasar-dasar tari Bali, seperti ngagem, nyeledet, malpal, dan lain sebagianya. Tampak mahasiswa sangat menikmati kegiatan ini dan merasakan langsung pengalaman menari Bali.


KEBHINEKAAN 1: MENGENAL RAGAM BUDAYA SENI TARI BALI DAN PRATEK LANGSUNG MAHASISWA INBOUND PMM 2 BERSAMA UKM STANA UNMAS DENPASAR


Kegiatan yang dihadiri oleh 91 mahasiswa PMM 2 ini, dibuka oleh PIC PMM 2 (Dr. Kadek Adi Wibawa, S.Pd., M.Pd.). Dalam paparannya, menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari modul kebhinekaan adalah mencetak pemimpin-pemimpin nasional, dimana sebagai seorang pemimpin harus bisa merasakan langsung dan mengalami langsung bagaimana keberagaman dan kebhinekaan yang ada di setiap daerah, salah satunya keberagaman yang ada di Bali.  Selain itu, Mahasiswa inbound menyataka sudah pernah menyaksikan tari Bali dari TV, youtube, atau media lainnya. Namun saat ini bisa merasakan langsung bagaimana menari Bali. Lebih jauh, salah satu dosen modul nusantara (Dr. I Made Wena, M.Si) memaparkan bahwa mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu, dimana ritual keagamaan tidak bisa dilepaskan dengan aktivitas seni seperti ritual dengan seni tari dan seni tabuh. Bali dengan basis 1493 Desa Adat memunculkan tumbuh kembangnya variasi seni tari yang tersebar di seluruh Bali. 


Setelah pemaparan dari dosen modul nusantara, mahasiswa inbound diajak untuk menyaksikan bersama secara langsung tari Pendet yang di bawakan oleh mahasiswa dari UKM STANA Unmas Denpasar. Mahasiswa inbound mendapat kesempatan untuk foto bersama dengan penari dan bisa melihat secara langsung, bagaimana riasan dan Gerakan tarian Bali. Setelah itu, mahasiswa inbound dijak menari secara langsung atau praktek menari Bali. Dimana, sebelumnya mahasiswa juga mendapat pengalaman menggunakan “kamen” dan selendang khas penari Bali pada saat Latihan. Tampak mahasiswa sangat berusaha untuk belajar tari bali, seperti Ngagem, Nyeledet, dan malpal. Mahasiswa tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kebhinekaan ini.

Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluargas