Kuliah Umum "Melalui Ekosistem Digital Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global"

  • Admin
  • Berita
  • 1026

01 Oktober 2022

Kuliah umum “Melalui Ekosistem Digital Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global"
Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Sabtu, 1 Oktober 2022

Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan Kuliah Umum dengan tema “Melalui Ekosistem Digital Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global”. Kuliah umum ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Magister Manajemen dimana menghadirkan narasumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali, praktisi ekspor dari Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia Provinsi Bali serta pimpinan balimall.id selaku market place. Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang mahasiswa serta perwakilan UMKM yang akan memperoleh pendampingan.

?

Kuliah umum ini dibuka oleh Rektor Unmas Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd), dimana pada sambutannya Beliau menyampaikan harapan agar mahasiswa yang terlibat dapat mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk merebut pasar ekspor. Sebagai upaya memenuhi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, mahasiswa dibekali pengetahuan terkait UMKM untuk mampu terjun ke masyarakat. Ketua Program Studi Magister Manajemen, Dr. I Gusti Agung Eka Teja Kusuma, SE., MM., juga menambahkan mahasiswa diharapkan mampu memberikan pendampingan kepada UMKM untuk mampu go internasional melalui pemanfaatan sistem digital.

?

Pada tahun 2021, Program Studi Magister Manajemen sukses mendampingi 45 UMKM melalui sistem marketing jarak jauh. Maka dari itu, kegiatan ini dipandang penting untuk dilaksanakan sebagai upaya membantu mempromosikan produk UMKM melalui penggunaan teknologi sehingga jarak tidak lagi menjadi hambatan untuk pelaku usaha. Hal ini berkaitan dengan dampak covid-19 dimana terjadi penurunan signifikan pada nilai ekspor Bali sehingga pentingnya ada sinergi yang dapat membantu UMKM untuk kembali bangkit baik dari regulasi pemerintah, akademik, media, serta komunitas.

Humas Unmas Denpasar


Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga