Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan Tiga Universitas Mahasaraswati Denpasar

  • Admin
  • Berita
  • 407

11 November 2023

Mahasiswa PMM 3 Universitas Mahasaraswati Denpasar melakukan kontribusi sosial di Desa Jehem, Tembuku, Bangli. Sabtu (9/11/2023).

Kegiatan ini melibatkan 28 remaja dari setiap banjar di Desa Jehem. Kegiatan dibuka langsung oleh Jurumangku (kepala desa) Desa Jehem dengan didampingi oleh Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 3 Universitas Mahasaraswati Denpasar serta Dosen modul Nusantara dan kepala suku.


Mahasiswa PMM UNMAS mengajak remaja-remaja Desa Jehem untuk meningkatkan personal branding dan kemampuan public speaking serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Gabriel Timoti Maramis, mahasiswa pertukaran asal Universitas Sam Ratulangi dalam materi personal branding menyebutkan, “Ada 4 kunci meningkatkan personal branding. Pertama adalah memahami diri, kemudian menceritakan diri kita, lalu tunjukkan skill yang kamu punya, dan yang terakhir consistency is the key. Ketika kita sudah memiliki value, maka kita harus meningkatkan kualitas diri kita” pungkasnya.


Selanjutnya adalah materi public speaking yang dibawakan oleh Amanda Verziana Safitri, mahasiswa pertukaran asal Universitas Terbuka memberikan tips dan trik agar lebih mudah menguasai diri saat sedang berbicara di depan khalayak ramai. “Ada 3 unsur terpenting dalam public speaking, yakni pembicara, pesan, dan audience” Amanda melanjutkan “Adik-adik cuma perlu relax dan jangan tegang serta menemukan posisi tubuh yang nyaman. Gerakan kecil sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri terutama pada bagian tangan, dibuka saja, jangan disimpan tangannya”


Kemudian mahasiswa asal Universitas Negeri Semarang, Riski Wahyu Widadi, dalam materinya penerapan public speaking dan personal branding memraktekkan serta memberikan pelatihan kepada remaja-remaja Desa Jehem dengan cara bermain peran, mulai dari menjadi orator, pembawa acara, moderator, hingga reporter.


Kegiatan kontribusi sosial ini resmi di tutup setelah makan siang dan pembagian souvenir oleh Kepala Desa dan Koordinator PMM UNMAS serta panitia. Irwan Umasugi, Ketua Panitia dalam wawancara berpesan “Semoga ilmu yang telah diberikan oleh kakak-kakak pemateri bermanfaat dan diamalkan oleh adik adik. dan semoga souvenir yang diberikan panitia dapat dipergunakan sebaik-baiknya” Desa Jehem Sabtu (9/11/2023)


Penulis:

Nama : M Dio Khairul Hisan 

Prodi  : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

Perguruan tinggil asal : Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.


 

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga