Kebhinekaan 3: Mahasiswa PMM Menyaksikan Tari Kecak di Uluwatu

  • Admin
  • Berita
  • 265

18 September 2022

Kegiatan Kebhinekaan 3 Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) berkesempatan menyaksikan langsung Tari Kecak dengan lakon kisah Ramayana di Pura Uluwatu, Kabupaten Badung (18/09/2022).


Kegiatan ini diawali dengan penjelasan oleh pemandu wisata mengenai hal-hal yang harus menjadi perhatian oleh mahasiswa. Dalam hal ini, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia belajar mengenai bagaimana menghormati budaya dan adat yang ada di Bali, khususnya di pura Uluwatu. Semua mahasiswa memasuki Kawasan Pura menggunakan “senteng” atau selendang. Kemudian mahasiswa dijelaskan mengenai sejarah berdirinya Pura Uluwatu yang merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat yang letaknya di Selatan Pulau Bali. “Ulu” yang berarti atas dan “Watu” berarti bebatuan, jadi Puru Uluwatu merupakan Pura yang berada di atas bebatuan.


Mahasiswa tampak serius memperhatikan penjelasan dari Pemandu. Tangga demi tangga dilewati, dan mahasiswa memiliki pengalaman langsung menyusuri Pura Uluwatu dan tentu melakukan swafoto untuk dokumentasi. Mahasiswa juga memiliki pengalaman bagaimana berinteraksi dengan satwa di sekitar Pura Uluwatu.


Bagian paling dinanti adalah menyaksikan tari Kecak dengan lakon penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana. Pukul 17.00 Wita mahasiswa sudah memasuki Kawasan penonton. Mahasiswa bisa menyaksikan langsung bagaimana wisatawan asing satu persatu berdatangan. Tampak juga beberapa mahasiswa berkomunikasi dengan wisatawan asing, tentu ini adalah pengalaman berharga bisa mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggrisnya secara langsung.


“Selamat datang mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka Universitas Mahasaraswati Denpasar” ucap MC memecah keheningan penonton. Sambutan riuh ditunjukkan oleh seluruh mahasiswa yang hadir. Di tengah-tengah pertunjukkan para penari juga menyapa seluruh mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka, yang membuat para hadirin tampak heran menyaksikan tepuk tangan dan ucapan terimakasih dari seluruh mahasiswa atas sambutan tersebut. Penampilan kecak dan para penari yang memukau membuat seluruh mahasiswa sangat takjub. Tampak mahasiswa sangat aktif membaca narasi yang diberikan dan mencocokkan dengan pertunjukkan kecak yang sedang dipentaskan. Makna mengenai bagaimana kekuatan seni, adat dan tradisi yang dijaga oleh Bali, khususnya di Pura Uluwatu mampu menghadirkan tonton yang menarik banyak wisatawan dari berbagai pelosok negeri, tentu ini menjadi pengalaman nyata yang dibawa pulang oleh seluruh mahasiswa.


Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga