Kebhinekaan 2: Mahasiswa PMM Mengunjungi Desa Wisata, Desa adat Kutuh

  • Admin
  • Berita
  • 175

18 September 2022

Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan Modul Kebhinekaan 2 dengan belajar dari Desa Adat Kutuh dalam mengembangkan wisata bertaraf nasional dan internasional yang berbasis desa Adat (18/09/2022).


Sebanyak 99 mahasiswa pertukaran mengunjungi Desa Adat Kutuh kabupaten Badung yang diawali dengan melakukan observasi dan dokumentasi di Pantai Pandawa. Mahasiswa tampak begitu antusias melihat landscape Pantai Pandawa dari atas dan menyusuri patung Panca Pandawa hingga tiba di pantai Pandawa. 


Dalam kunjungan ini mahasiswa PMM diterima dan disambut oleh Kepala Pengembang Wisata (Dr. I Wayan Duartha, STPar., M.Par.) dan Direktur Bumda Desa Adat Kutuh (Luh Hepi Wiradani, SE.) di tempat Wisata Gunung Payung. Kegiatan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh PIC PMM 2 (Dr. Kadek Adi Wibawa, S.Pd., M.Pd.). PIC menyampaikan bahwa mahasiswa PMM 2 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memiliki tujuan untuk belajar secara langsung bagaimana peran desa Adat dalam mengembangkan daerahnya menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Selanjutnya, Kepala Pengembang Wisata memaparkan bagaimana peran desa adat dalam mengembangkan wisata yang memiliki 4 unit bisnis besar. Dalam merancang sebuah unit usaha, memerlukan kajian dan persiapan yang matang, sehingga pembangunan bisa dilakukan dengan maksimal dan berkelanjutan. Direktur Bumda memperkenalkan berbagai destinasi wisata yang dikelola oleh Desa Adat Kutuh, diantaranya pantai pandawa, gunung payung, paragliding, dan tempat wisata lainnya.


Salah satu mahasiswa menanyakan bagaimana desa adat Kutuh dalam mempersiapkan regenerasi kepemimpinan? Kepala pengembang witasa menyampaikan bahwa pengkaderan dilakukan melalui organisasi-organisasi kepemudaan seperti sekeha teruna teruni atau yowana, yang secara konsisten berkolaborasi dengan prajuru atau pengurus adat. Kegiatan ini, kemudian ditutup dengan diberikannya cendramata oleh kepala pengembang wisata yang diterima langsung oleh PIC Program PMM 2 dan pemberian buku tentang Bumda di Desa Adat Kutuh kepada mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Sumber: UPT PKKM Unmas Denpasar

Humas Unmas Denpasar

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga