Cultural and Language Immersion Program (CLIP) 2024: Kerja Sama Tongren Polytechnic College, China dan Universitas Mahasaraswati Denpasar

  • Admin
  • Berita
  • 107

27 Agustus 2024

Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menyelenggarakan Cultural and Language Immersion Program (CLIP) 2024, sebuah program tahunan yang kali ini diikuti oleh 10 mahasiswa dan 1 dosen dari Tongren Polytechnic College (TPC), China. Keikutsertaan TPC dalam CLIP 2024 ini menandai pertama kalinya kolaborasi internasional antara kedua institusi dalam upaya mempererat hubungan budaya dan pendidikan.

Program CLIP 2024 yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 17 Agustus ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta dalam memahami tentang Indonesia dan keanekaragaman budaya Bali, serta memperdalam kemampuan bahasa Indonesia serta Inggris. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 6 Agustus 2024 oleh Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar yang dihadiri oleh pejabat Unmas, para peserta dari TPC, mahasiswa pendamping dari Unmas Denpasar, serta bertepatan dengan upacara pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Bahasa Asing bersama Shitennoji University, Jepang. Upacara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan Tari Cilinaya yang dibawakan oleh mahasiswa Unmas Denpasar, sebagai bentuk sambutan hangat kepada delegasi TPC, China dan Shitennoji University, Jepang.

Salah satu highlight lain dari program ini juga adalah seminar mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) yang diadakan pada 15 Agustus 2024. Seminar ini diisi oleh presentasi dari mahasiswa TPC dan Unmas Denpasar, yang memperlihatkan kesadaran global mereka terhadap isu-isu keberlanjutan dan peran budaya dalam mencapai tujuan tersebut. Seminar ini juga menjadi momen penting untuk memperkuat kolaborasi akademik antara kedua institusi.

Kolaborasi pertama antara Unmas dan Tongren Polytechnic College dalam CLIP 2024 ini bukan hanya menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta, tetapi juga membuka jalan bagi kerjasama yang lebih erat di masa depan. Kedua institusi berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan internasional dan juga kolaborasi akademik yang lebih luas.

Bagikan di social media :

Pengaduan text
Keluarga