Sosialisasi Pemasangan Biopori di lingkungan SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar

Mapala Bhuana Giri Universitas Mahasaraswati Denpasar menyelenggarakan kegiatan pemasangan Lubang Resapan Biopori sebagai salah satu wujud nyata pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di lingkungan SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Pada pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mahasaraswati Denpasar, Kepala SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, dan Pembina Mapala Bhuana Giri Universitas Mahasaraswati Denpasar, Sabtu (2/4).

?

SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar dipilih  sebagai lokasi pemasangan Lubang Resapan Biopori karena lahannya yang cukup luas namun kurang area resapan air. Selain itu, kondisi lahan sebagian besar lebih rendah dari saluran pembuangan air (selokan) di area lingkungan sekitar, sehingga terjadi genangan air dan sangat rentan mengalami banjir ketika musim hujan. Dipasangnya Lubang Resapan Biopori ini, bertujuan agar air hujan yang tadinya tergenang bisa terserap bertahap ke dalam tanah melalui lubang-lubang biopori. Nantinya juga lubang-lubang biopori ini akan diisi dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos serta dicek secara berkala kedalaman lubangnya.

 

Kegiatan  yang diikuti oleh siswa-siswi SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, serta perwakilan Ormawa yang ada di lingkungan Universitas Mahasaraswati Denpasar ini diawali dengan Sosialisasi terkait Lubang Resapan Biopori kepada para peserta yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan 100 buah Lubang Resapan Biopori yang disebar di beberapa titik diantaranya area Padmasana, Parkir, Taman, serta Lapangan Basket SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar.