Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis

Tabanan, 19 Maret 2022


Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas Denpasar) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Dosen dan Mahasiswa di Desa Belumbang, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. 


Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan diikuti oleh 50 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan.


Kegiatan pengabdian masyarakat FPB Unmas Denpasar ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Dekan FPB Unmas, Dr. Ir. I Made Sukerta, M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Perbekel Desa Adat Belumbang, drh. Dyana Putera. Setelah disampaikannya sambutan-sambutan, dilakukan penandatanganan MoU antara Kepala Desa Belumbang dan FPB Unmas Denpasar serta penandatanganan LOA dengan Prodi Agribisnis dan Prodi Agroteknologi FPB Unmas Denpasar.


Pengabdian masyarakat diisi dengan beberapa kegiatan antara lain aksi kebersihan di area banjar dan pura, penyuluhan dari berbagai narasumber dan kegiatan penebaran bibit ikan nila. Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan berupa bibit ikan nila dan bibit tanaman cabai.


Dalam Pengabdian Masyarakat ini menghadirkan 3 orang narasumber. Narasumber terdiri dari 2 orang Dosen FPB Unmas dan Ketua Yayasan Desa Punggul. Dosen Dr. Dra. I Gusti Ayu Diah Yuniti, M.Si dengan materi teknologi pasca panen dan budidaya jamur tiram, Prof. Dr. Ir. I Ketut Arnawa, M.P dengan materi pemasaran jamur tiram dan Ketua Yayasan Desa Punggul, I Gusti Jelantik dengan materi pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga.


Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kemandirian masyarakat melalui optimalisasi potensi sumber daya alam di lingkungannya yang belum termanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat. 


?&Redaksi: FPB Unmas Denpasar


Humas Unmas Denpasar