, ,

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) – UKM KIM

PKM MAHASISWA UNMAS

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, meneliti, menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang telah diperoleh selama masa perkuliahan kepada masyarakat luas. Ada beberapa jenis PKM yang biasanya di unggah pada perkiraan bulan September-Oktober yaitu PKM 5 bidang yang terdiri dari PKM-M, PKM-P, PKM-K, PKM-KC dan PKM-T. 5 PKM tersebut harus dibuat sesuai dengan panduan yang dapat diperoleh pada website resmi Dirjen Dikti yaitu SIMLITABMAS. Tidak hanya PKM 5 bidang, perkiraan pada bulan Februari-Maret juga diadakan pengunggahan PKM AI dan PKM GT. Berbeda dengan 5 bidang PKM lainnya yang melibatkan kegiatan lapangan dan penelitian di laboratorium, PKM AI dan PKM GT justru dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang penulisan jurnal ilmiah sesuai dengan kriteria dan panduan PKM tahun 2015

Begitu bergengsinya ajang PKM yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti, membuat seluruh mahasiswa di Indonesia berlomba-lomba untuk menghasilkan proposal PKM yang berkualitas. Begitu juga yang dilakukan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar. Berbagai upaya dilakukan oleh Unmas Denpasar dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam hal menulis PKM dari mengadakan pelatihan intern, Training of Trainer, termasuk dengan mengadakan pelatihan dan mengundang reviewer Dikti yaitu Bapak Prof. Ir. Jamasri, Ph.D yang diadakan pada tanggal 5 September 2015 di Gedung Widyasaba Kampus Soka Unmas Denpasar. Peserta yang mengikuti pelatihan bersama Prof. Ir. Jamasri, Ph.D ini berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Unmas Denpasar. Dengan diadakannya pelatihan langsung bersama Prof. Ir. Jamasri, Ph.D, diharapkan mahasiswa Unmas Denpasar dapat memperoleh kiat-kiat serta cara dalam membuat proposal PKM dan dapat menuju PIMNAS .

Selain itu pada tahun 2015 Unmas Denpasar berhasil mengunggah proposal PKM 5 bidang sebanyak 67 proposal. Jumlah ini telah mengalami peningkatan 100% lebih dari tahun lalu yang hanya berhasil mengunggah 31 proposal PKM. Dengan peningkatan jumlah proposal PKM yang diunggah pada tahun ini, dapat berdampak pula pada jumlah PKM yang berhasil lolos untuk mengikuti MONEV dan menuju PIMNAS. Proposal yang berhasil lolos MONEV dan didanai Dikti pada tahun 2016 adalah proposal terbanyak yang lolos di Perguruan Tinggi Swasta se-Kopertis Wilayah VIII yaitu sebanyak 5 proposal yang terdiri dari 1 PKMK, 1 PKMM, 2 PKMPE, 1 PKMPSH. Unmas Denpasar berkomitmen dan optimis dapat lolos PIMNAS, dengan melaksakan berbagai strategi dalam menyiapkan 5 tim yang lolos MONEV. Pengarahan kepada tim Monev Unmas dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2016. Kemudian akan diadakan konsultasi terkait persiapan Monev pada tanggal 23 April 2016 yang selalu dimonitor oleh UKM KIM dan Pembina UKM KIM. Selanjutnya tanggal 14 Mei akan dilaksanakan Monev Internal yang langsung direview oleh Asesor Internal Unmas Denpasar. Setelah tim siap, selanjutnya tim peserta Monev Unmas akan mengikuti Monev Eksternal pada bulan Juni 2016.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *