fkg unmas denpasar

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

 

PENDAHULUAN

      Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar (FKG Unmas Denpasar) merupakan satu-satunya FKG swasta yang berada di Indonesia Bagian Timur. FKG Unmas Denpasar telah terakreditasi  dengan Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi : Nomor 273/SK/BAN-PT /Ak–XVI/S/XI/2013. Bagi sebuah FKG swasta prestasi tsb. adalah wujud keberhasilan  dalam mengelola lembaga pendidikan yang sangat kompleks dan jarang dimiliki oleh universitas swasta. Hal tsb. menjadikan FKG Unmas Denpasar semakin dipercaya dan bisa melakukan proses pendidikan akademik-profesi  dari awal mahasiswa masuk hingga selesai menjadi dokter gigi secara mandiri.

      Peningkatan kualitas di segala bidang terus dilakukan secara berkesinambungan.Kerjasama akademik dilakukan dengan institusi pendidikan tinggi baik perguruan tinggi dari luar negeri luar maupun dalam negeri. Dari dalam negeri diantaranya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung, sedangkan kerjasama dengan perguruan Tinggi di luar negeri adalah School of Dentistry, SHOWA University, Tokyo dan Faculty of Medicine, KINKI University, Osaka, Jepang, dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan kualitas pendidikan akademik dan profesi. Demikian pula, untuk mengantisipasi perkembangan terkini ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi (iptekdokgi) dilakukan dengan mengundang pakar, baik dari dalam maupun luar negeri.  Kuliah umum secara rutin dilakukan oleh visiting lecturer kami, Dr. Choi Kang Duck (seorang professional/implantologist lecturer dari Busan, Korea Selatan) dan Prof. Tommy Raphael Yudhira (seorang pakar Ilmu Konservasi Gigi dari KU Leuven University, Belgia). Untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa, maka diberikan penghargaan dan kenang-kenangan kepada lulusan terbaik pada setiap penggelaran dokter gigi baru sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan komitmen pengelola FKG Unmas Denpasar terhadap kualitas.

      Pendidikan Kedokteran Gigi dibagi dalam dua tahap, yaitu: Tahap I : Program Pendidikan Sarjana (Sarjana Kedokteran Gigi/SKG) dan tahap II : Program  Pendidikan Profesi (Dokter Gigi/drg). Setelah menyelesaikan tahap Pendidikan Akademik maka mahasiswa bisa  langsung melanjutkan ke pendidikan pascasarjana / Strata-2 (S2) atau melanjutkan ke jenjang Pendidikan Profesi menjadi dokter gigi yang mampu menjawab perkembangan Ilmu  Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi (IPTEKDOKGI).

VISI : Menjadi program studi unggulan yang mampu menghasilkan lulusan bermutu, mandiri dan berdaya saing dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS)

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, yang menghasilkan sumber daya manusia (SDM) profesional dan kompeten di bidang kedokteran gigi.
  2. Menghasilkan penelitian ilmiah dasar dan terapan yang bermutu dan berorientasi pada kemajuan IPTEKS, dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan hasil pendidikan yang berorientasi pada IPTEKS di bidang kesehatan gigi dan mulut yang beretika dan sesuai etika dan kebutuhan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama baik di dalam maupun di luar negeri untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SARANA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

     Kegiatan perkuliahan, praktikum ilmu-ilmu dasar, ilmu  kedokteran dasar, preklinik dan kepaniteraan klinik serta kegiatan civitas akademika dilakukan di kampus Jl. Kamboja 11A, Denpasar dan di kampus II Jl. Soka Denpasar dengan fasilitas antara lain:

  • Ruang kuliah dengan full air conditioned & audiovisual
  • Laboratorium Kimia, Biologi, Fisika
  • Laboratorium Dasar-dasar Klinik dengan adjusted dental simulator
  • Periapical & Panoramic Digital Rontgenologi
  • Ruang Perpustakaan Manual, digital  dan e-library (perpustakaan elektronik)
  • RSGMP (Rumah Sakit Gigi & Mulut Pendidikan)
  • Dental chair dan unit moderm dan canggih yang di desain kubikal untuk lebih meningkatkan pelayanan, kenyamanan pasien dan mahasiswa serta proses pembelajaran di tingkat profesi.
  • Ruang administrasi dan ruang pertemuan yang dapat digunakan oleh dosen, karyawan maupun mahasiswa.
  • Akses Internet Gratis (Hotspot area)
  • Student Lounge
  • Central Locker
  • Dental Depo
  • MDC (Mobile Dental Clinic)
  • Ruang ujian CBT (Computer Base Test)
  • Ruang OSCE (Objective Structure Clinical Examination)

TENAGA PENGAJAR

      Program Pendidikan Sarjana diasuh oleh dosen-dosen dari FKG Unmas & FK Udayana dengan kualifikasi Profesor, Doktor, Magister dan Spesialis. Demikian halnya Program Pendidikan Profesi di asuh oleh para dokter gigi spesialis yaitu Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG), Spesialis Periodonsia (SpPerio), Spesialis Prostodonsia (SpPros), Spesialis Konservasi Gigi (SpKG), Spesialis Kedokteran Gigi Anak (SpKGA), Spesialis Ortodonsia (SpOrt), Spesialis Bedah Mulut (SpBM), Spesialis Penyakit Mulut (SpPM), para tenaga Magister Pelayanan Kesehatan Gigi, Magister Kesehatan (M.Kes.), Magister Ergonomi (M.Erg), Master of Dental Science (M.DSc), serta para dokter gigi senior dan berpengalaman