HAI KSR!!!

ukm ksr unmas denpasar

Hallo semua… Jumpa lagi dengan kita di UKM KSR-PMI Ganesa Dharma Univ Mahasaraswati Denpasar. Ada hal menarik nih yang ingin kita bahas. Hmmm. SINDIKAT . Apa sih itu SINDIKAT? SINDIKAT adalah orientasi calon anggota pendidikan dan latihan dasar. Jadi dengan kata lain untuk menjadi anggota penuh UKM KSR-PMI GD UNMAS DPS harus wajib mengikuti SINDIKAT. Nah disini kita akan mengupas sedikit tentang SINDIKAT 2016. SINDIKAT 2016 kali ini diadakan selama 9 hari di Bumi Perkemahan Blahkiuh. Tema yang diangkat kali ini yaitu Membentuk Relawan yang aktif, kritis dan kreatif dalam social kemanusiaan. Dengan peserta sejumlah 26 orang 24 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. “Konsep SINDIKAT kali ini sedikit berbeda dengan SINDIKAT sebelumnya, kali ini kita melaksanakan 3 hari SINCAN dan 6 hari DIKLAT, mengapa? Karena kita ingin membentuk calon anggota yang kritis, bisa berdiskusi, militansi dan bisa juga diajak main kealam.” Begitu ucap ketua panitia Kamadhenu Wijaya.

Sepenggal sedikit cerita tentang SINDIKAT 2016 kali ini. Di SINDIKAT 2016 banyak sekali ilmu yang kita dapatkan mulai dari materi kelas hingga materi praktek dilapangan. Selain materi ada hal lain juga yang kita dapatkan ada games, outbond, ada simulasi, dan yang terpenting ada kebersamaan. Tidak hanya peserta yang di tuntut untuk mengenal kebersamaan dan menjadi keluarga tetapi panitia juga. Mungkin terkadang kita akan lelah ketika di tuntut untuk menjadi mahasiswa aktifis. Tetapi disini kita belajar bagaiamana cara memanajemen diri sendiri, keluarga dan pastinya kuliah.

Tidak hanya panitia peserta pun kita ajarkan untuk mandiri, melatih mental, memanajemen diri, memotivasi teman dan terbiasa dikeadaan bencana.  Adahal baru di SINDIKAT kali ini yaitu SIMULASIPAKUPENA. Namanya aneh kan? Tetapi bukan simulasi menggunakan paku dan pena ya tetapi disimulasipakupena ini kita diajakan untuk belajar diskusi, melatih nalar dan berpendapat.

Mari kita mengurik kesan dan pesan dari salah seorang peserta SINDIKAT. “Haii kenalkan namaku Ni Kadek marini atau lebih kenal dengan sebutan “MANGAP”. 9 hari melaksanakan SINDIKAT sangat menyenangkan, banyak hal yang biisa dipelajari selama 9 hari, mulai dari kebersamaan, kerja sama, komunikasi, cara berbagi, selain itu juga banyak materi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kami. Ada sanksi untuk setiap kesalahan, dan kami menerima sanksi itu tanpa beban, tidak ada dendam setelah diklat meskipun banyak kata-kata tidak enak keluar dari kakak-kakaknya. Dan hanya “TRIMAKASIH” yang ingin saya katakan untuk 9 hari yang luar biasa, jangan pernah bosan untuk mendidik adik-adikmu tercinta. Ada satu hal yang saya pelajari selama sindikat bahwa saya percaya  mental yang kuat bisa mengalahkan banyak hal, tak peduli selemah apapun fisikmu, ketika sudah memiliki mental yang kuat maka tujuan akan tercapai.” Begitu ucapnya.

Sebagai penutup mengutip dari kata seorang yang selalu jadi panutan “ Orang HEBAT ialah mereka yang lahir dari tekanan dan masalah, jadi hadapi segala masalah dan tekanan mu dengan cara yang dewasa” dan untuk adik-adik angkatan 2016 jangan pernah menyerah untuk membanggakan organisasi tercinta. Karena ini baru awal kalian memasuki pintu gerbang KSR Ganesa Dharma. Terima segala masukan dan kritikan dengan dewasa. Dan ingat seberapa lelah dan capekmu menghadapi tekanan jangan lupa untuk pulang kerumah. Ya rumah KSR Ganesa Dharma. Selamat bergabung untuk angkatan 2016 di keluarga besar UKM KSR-PMI Ganesa Dharma UNMAS DPS. Siammo Tutty frately

UKM KSR-PMI GANESA DHARMA UNMAS DPS

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *