,

FT UNMAS DENPASAR ABDIMAS TERPADU DI BANJAR URUBAYA BANGUN SENDERAN DAN DESAIN WANTILAN PURA DALEM DENPASAR

Sebanyak 150 mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik (FT) Unmas Denpasar, Sabtu (26/11), melakukan pengabdian masyarakat (abdimas) terpadu di banjar Urubaya, desa Lukluk, Mengwi Badung. Pelepasan peserta abdimas dilakukan Rektor Unmas Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd didampingi Dekan FT, Ir. I Made Letra, M.Si.

Ketua Panitia abdimas terpadu, Ir. I Wayan Giatmajaya, M.T. mengatakan, abdimas diisi dengan pembuatan desain Pura Dalem Denpasar, pemasangan patok batas pura 8 buah dan pembuatan senderan jalan setapak pura. Senderan ini sepanjang 30 meter dari beton. Selain itu melakukan aksi penghijauan berupa pananaman pohon kelapa upakara (kelapa daksina) dan tanaman upakara sebanyak 10 pohom di sekitar pura. Mahasiswa juga diajak melakukan aksi kebersihan pura. Diprediksi semua pembangunan fisik mencapai Rp. 15 juta.

Ketua BEM FT Unmas I Nyoman Wili Januarsa mengungkapkan abdimas selama sehari ini diikuti 150 mahasiswa dan dosen. Program ini khusus deperuntukkan untuk mahasiswa baru. Abdimas sengaja memilih Banjar Urubaya, desa Lukluk karena lokasinya masih terpencil. Selain itu untuk mengekspose Pura Dalem Lebih banyak lagi karena sejarahnya berkaitan dengan Kerajaan Denpasar.

abdimas-teknik-2016

Dekan FT Unmas Denpasar I Made Letra menambahkan, pengerjaan desain wantilan di pura ini sangat urgen, wantilan ini dipakai sarana serbaguna untuk mempersiapkan sarana upakara, tempat istirahat umat dan dapur umum. Usai jalan setapak disender beton, dharapkan Pemkab Badung peduli membantu untuk pavingisasi dan pembangunan wantilan. SDM FT Unmas siap ngayah sebagai pelaksana proyek. Dekan mengharapkan fasilitas yang digarap mahasiswa FT Unmas dimanfaatkan oleh masyarakat. Yang menarik, semua pengerjaan finishing dilakukan oleh mahasiswa. Dengan demikian sejak awal mahasiswa dikenalkan dengan proses pengerjaan, membuat RAB serta menyediakan SDM. Pengalaman ini akan mendukung mahasiswa ketika praktek kerja dan terjun di masyarakat. FT Unmas kini memiliki 4 konsentrasi masing-masing Struktur, Manajemen Konstruksi (MK), Transportasi dan Hidro. Keempat konsentrasi ini ditawarkan dalam KKNI mulai 2016. Yang baru adalah transportasi dan hidro melihat kemacetan di Bali ini memerlukan SDM dalam transportasi. Kedua, Bali dikejar banjir memerlukan SDM bidang hidro.

Rektor Unmas Denpasar sangat bangga dengan kegiatan FT Unmas yang memberi kontribusi nyata terhadap pembangunan di desa. Rektor minta abdimas juga dijadikan sebagai bahan penelitian oleh mahasiswa karena sangat penting dalam akreditasi prodi dan institusi. Selain itu, juga sebagai wujud penerapan budaya mutu yang digencarkan Unmas. Mahasiswa juga diminta menyebarkan informasi terbaik FT Unmas kepada masyarakat. Rektor juga bangga abdimas ini sebagai program unggulan FT Unmas. Ini dibuktikan dengan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat dank e depan FT Unmas akan menjadi fakultas favorit di Bali.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *