,

AKSI SOSIAL (AKSOS) BPM DAN BEM FAKULTAS EKONOMI UNMAS DENPASAR 2016

“LANGKAH SEJUTA SULUH”

Aksi Sosial (AKSOS) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPM dan BEM FE UNMAS Denpasar setiap tahunnya tepatnya setelah ospek fakultas ekonomi dilaksanakan dan dalam rangka meningkatkan aktivitas dan kreativitas BPM dan BEM FE UNMAS Denpasar dalam bidang pendidikan dan sosial. Aksos tahun ini bertemakan “Langkah Sejuta Suluh”. Aksos ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016 yang bertempat di SDN 4 Kayubihi Bangli dan SDN 2 Abang Batudinding Desa Songan Kabupaten Bangli.
Tujuan dari kegiatan aksos ini yaitu meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian mahasiswa dengan lingkungan sosial sekitar, mengarahkan generasi muda pada kegiatan yang positif dan meningkatkan jiwa “Tri Dharma Perguruan Tinggi” dalam diri mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan seluruh anggota BPM dan BEM FE UNMAS Denpasar. Dalam kegiatan aksos kali ini BEM dan BPM FE UNMAS menyumbangkan Buku Tulis, Alat Tulis (Pensil Warna, Penghapus, Pulpen, Pensil, Korak Pensil) dan Alat MCK.
Pada saat aksos di SDN 4 Kayubihi Bangli, kami menyumbangkan buku-buku dan alat tulis serta alat mck, kegiatan kami disambut baik oleh kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar disana, ada beberapa rangkaian acara yang kami laksanakan disana seperti senam Gemu Famire, games/permainan menggunakan tali raphia, selain itu kami juga mengajarkan cara menggosok gigi yang baik kepada adik-adik siswa siswi SDN 4 Kayubihi, dan pada akhir permainan kami membagikan alat-alat tulis kepada para siswa siswi yang membuat mereka merasa senang, bersemangat dan penuh tawa untuk menerima pemberian yang kami berikan dan ditutup dengan foto bersama. Selesai mengadakan aksos di SDN 4 Kayubihi Bangli, perjalanan aksos dilanjutkan ke SDN 2 Abang Batudinding, desa Songan Bangli. Sampai disana kami disambut dengan ramah oleh siswa siswi dan beberapa guru yang bertugas pada saat itu. Rangkaian acara dimulai dengan persembahyangan bersama, sambutan salah satu guru yang bertugas, sambutan dari ketua panitia, setelah itu kami mengajak siswa siswi SDN 2 Abang Batudinding untuk senam Gemu Famire yang membuat mereka merasa senang, tertawa dan mencoba hal baru yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Selama senam Gemu Famire panitia juga mencari anak-anak yang bersemangat dan senamnya bagus untuk diberikan hadiah/reward.

Penyerahan Simbolis Kepada Salah Satu Siswa SDN 4 Kayubihi Bangli

Penyerahan Simbolis Kepada Salah Satu Siswa SDN 4 Kayubihi Bangli

Setelah senam kami mengajak mereka untuk bermain permainan memasukkan paku ke dalam botol yang dilakukan secara berkelompok baik itu dari kelas 1 sampai kelas 6, tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan mereka antar kelas dan melatih kepemimpinan serta kekompakkan dan kerja sama tim. Selama permainan berlangsung banyak pengalaman yang mereka dapatkan dari tertawa bersama, kerjasama tim dan semangat mereka untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung. Selesai permainan tentunya dicari kelompok yang berhasil memasukkan paku ke dalam botol dengan waktu tercepat. Setelah selesai permainan, kami langsung membagikan alat-alat tulis kepada siswa siswi SDN 2 Abang Batudinding yang membuat mereka sangat senang. Di akhir acara, dilakukan foto bersama guru dan siswa siswi SDN 2 Abang Batudinding. Dari kedua SD yang kami kunjungi, Kepala Sekolah dan Guru-Guru di masing-masing SD tersebut merasa senang dengan kedatangan BPM dan BEM FE UNMAS Denpasar yang telah mengadakan aksi sosial di tempat mereka, karena sangat membantu anak-anak dalam hal bantuan buku dan alat tulis yang dapat menunjang kegiatan belajar mereka. Selain itu juga kami memberikan motivasi kepada para siswa siswi SDN 4 Kayubihi dan SDN 2 Abang Batudinding untuk tetap semangat belajar dan supaya dapat mencapai cita-cita yang mereka inginkan.

Sosialisasi Cara Menggosok Gigi yang Baik Kepada Siswa Siswi SDN 4 Kayubihi Bangli

Sosialisasi Cara Menggosok Gigi yang Baik Kepada Siswa Siswi SDN 4 Kayubihi Bangli

BPM dan BEM FE UNMAS juga berharap kegiatan ini dapat memberikan contoh bagi generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif dan berguna di masyarakat dan juga betapa pentingnya membantu antar sesama umat serta membantu generasi – generasi muda berikutnya dalam menunjang pendidikan mereka. Dan semoga aksos yang dilaksanakan bisa dilakukan setiap tahunnya maupun disetiap kesempatan yang ada. Mahasiswa sebagai generasi muda yang bertanggung jawab atas kelangsungan generasi-generasi berikutnya,yang merupakan tonggak dari perkembangan Bangsa di masa depan. (BEM FE UNMAS/2016)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *